page contents

Technology

Pages

Saturday 15 August 2015

Inilah Aplikasi Penilan Kinerja Guru (PKG) Terbaru Untuk Lingkup Kab. Tasikmalaya

PKG ( Penilaian Kinerja Guru ) Merupakan Laporan Penilaian Kepala sekolah Kepada Pengawas Tentang Kinerja Guru yang Dilakukan tiap  semester dan Saat Ini PKG ( Penilaian Kinerja Guru ) sudah menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan SK Tunjangan Profesi yang nantinya akan Di input Pengawas.
PK GURU dilakukan terhadap kompetensi guru sesuai dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Khusus untuk kegiatan pembelajaran atau pembimbingan, kompetensi yang dijadikan dasar untuk penilaian kinerja guru adalah kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian, sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan.
Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun tersebut. Kegiatan penilaian kinerja dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari proses pengembangan karir dan promosi guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya.
Hasil PK GURU diharapkan dapat bermanfaat untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu dan kinerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan insan yang cerdas, komprehensif, dan berdaya saing tinggi. PK GURU merupakan acuan bagi sekolah/madrasah untuk menetapkan pengembangan karir dan promosi guru. Bagi guru, PK GURU merupakan pedoman untuk mengetahui unsur-unsur kinerja yang dinilai dan merupakan sarana untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan individu dalam rangka memperbaiki kualitas kinerjanya.

Contoh Apliksi PKG ( Penilain Kinerja Guru )


0 comments:

Post a Comment